Langkah-Langkah Guru Pembelajar Dalam Jaringan (Moda Daring)

Berikut ini adalah langkah-langkah Guru Pembelajar dalam Jaringan (Moda Daring) dalam situs LMS. terdiri dari :

Bagian pengantar, sesi pendahuluan, sesi inti (materi pedagogik satu sesi dan materi profesional 3 sebanyak 3 sesi), dan sesi penutup.

1. Pengantar

Pada bagian pengantar Sistem Guru Pembelajar Moda Daring ditampilkan fasilitas-fasilitas sebagai berikut:
  • Pengumuman dan Berita Forum, yaitu Informasi dan berita dari pengampu/mentor untuk peserta
  • Forum Umum, merupakan forum umum yang terbuka selama pembelajaran daring berlangsung. Tujuan forum ini adalah untuk mewadahi aktivitas diskusi, berbagi pengalaman dan saling membantu memecahkan kendala selama kegiatan berlangsung. Forum ini adalah forum milik peserta, bagi dan untuk peserta.
  • Glosarium, Glosarium ini berisi daftar istilah yang digunakan dalam modul daring
  • Petunjuk Penggunaan, berisi ikon-ikon yang dipergunakan dalam Guru Pembelajar Moda Daring
  • Tips dan Trik Pengampu, berisi Tips dan Trik dalam mengelola pembelajaran Guru Pembelajar Daring bagi pengampu meliputi penggunaan fasilitas Web conference, Chatting, Forum, Message, Blog, E-portofolio, dan Umpan balik (smiley face)
  • Petunjuk Umum Fasilitasi bagi Pengampu, berisi informasi bahwa dalam sistem pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring, pengampu berperan sebagai fasilitator, motivator dan asesor bagi peserta. Oleh karena itu, sangat diharapkan bagi pengampu di setiap kelas daring untuk memberikan kontribusinya agar pembelajaran lebih terarah dan tercipta komunitas pembelajaran, baik antar sesama peserta maupun antar pengampu dengan peserta.
  • Frequently Asked Questions (FAQs).
  • Blog Refleksi, Refleksi pembelajaran ini dapat digunakan untuk mencurahkan pengalaman belajar, pesan, dan kesan yang dialami selama mengikuti pembelajaran pada modul ini, serta harapan yang ingin dicapai melalui pembelajaran ini.
  • E-Portofolio, sekumpulan berkas pribadi yang merupakan dokumentasi sebagai bukti pencapaian hasil atas proses kegiatan pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring. Dalam hal inie-portofoliomerupakan kumpulan dokumen peserta pada kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan proses belajar sesuai dengan target kompetensi yang telah ditetapkan. Dokumen yang terkumpul kemudian diberikomentaroleh pengampu dan dilakukan proses perbaikan (jika diperlukan), sehingga pada akhirnya dapat digunakan sebagai refleksi pribadi. E-portofolio dapat berbentuk latihan dan tugas yang dikerjakan, jawaban atas pertanyaan dalam sistem, catatan hasil koreksi atau observasi pengampu, laporan kegiatan dan tulisan atau jurnal yang dibuat peserta.
2. Sesi Pendahuluan
Kegiatan pembelajaran pada Guru Pembelajar Daring diawali dengan sesi pendahuluan yang akan Saudara ikuti selama satu minggu. Sesi ini bertujuan untuk memberikan penjelasan singkat mengenai ruang lingkup modul yang akan dipelajari (menggunakan web conference), saran dan cara penggunaan modul, penjelasan umum kegiatan Guru Pembelajar Daring dan alur kegiatan pembelajaran Guru Pembelajar Daring pada modul

Selama proses pembelajaran di Sesi Pendahuluan ini, pengampu/mentor akan terlibat aktif dalam proses pembimbingan terhadap peserta.

Berikut ini adalah aktivitas yang akan dilakukan oleh pengampu/mentor pada Sesi Pendahuluan:
  • Pengampu bersama-sama peserta melalui forum umum akan menyepakati jadwal pelaksanaan Web Conference, kemudian hasil kesepakatan jadwal akan diumumkan pada Pengumuman dan Berita.
  • Pada pelaksanaan Web Conference, pengampu akan melakukan perkenalan dengan peserta dan menyampaikan informasi-informasi penting terkait dengan pelaksanaan Guru Pembelajar Moda Daring.
  • Pengampu mengarahkan peserta untuk mengerjakan instrumen kemampuan awal dilanjutkan dengan mencermati Kebijakan Pengembangan dan Pembinaan Profesi Guru dan Guru Pembelajar, Penjelasan Umum Modul meliputi Target Kompetensi, Hasil Belajar, Prinsip Penilaian Peserta, tagihan, Saran dan Cara Penggunaan Modul dan Alur Kegiatan Pembelajaran.
  • Pengampu harus selalu mengecek Activity Completion untuk memastikan peserta mengikuti seluruh kegiatan dan memberikan motivasi kepada peserta yang masih belum melakukan aktivitas yang terdapat pada Sesi Pendahuluan.
  • Peran serta yang aktif dari pengampu/mentor dan peserta akan mengoptimalkan proses pembelajaran sesi pendahuluan.
3. Sesi Inti

Sesi inti terdiri dari 4 sesi yang akan dipelajari dalam waktu 40 JP (1 JP setara dengan 60 menit) selama 4 minggu. Kegiatan yang akan diikuti pada setiap sesi yang terdapat di dalam sesi inti adalah sesi 2 materi pedagogi, dan sesi 2, 3, 4 berupa materi profesional sesuai dengan kelompok kompetensi dari masing-masing paket keahlian.

Pada setiap sesi, akan disediakan forum dan blog untuk mempresentasikan berbagai temuan, hikmah dan kendala yang dihadapi oleh peserta, serta solusi yang dilakukan selama proses pembelajaran. Dan juga dapat memperoleh pelajaran melalui berbagi pengalaman dengan peserta lainnya.

Selama mempelajari modul ini, peserta harus menyelesaikan seluruh tugas (baik dalam bentuk lembar kerja maupun dokumen/non lembar kerja) yang menjadi tagihan dan menyimpannya dalam e-portofolio. Hasil akhir kegiatan ini dibuktikan dengan terkumpulnya laporan kegiatan Guru Pembelajar Daring Modul disertai dengan dokumen hasil kegiatan, seperti foto-foto kegiatan.

https://sim.gurupembelajar.id

4. Sesi Penutup

Sesi penutup merupakan akhir dari kegiatan Guru Pembelajar Daringpada Modul. Sesi ini terdiri atas persiapan pelaporan yang dilakukan melaluiweb conference, pemberian umpan balik, kesimpulan dari materi Guru Pembelajar Daringyang disajikan melaluiblog,post test, penilaian diri peserta terhadap pencapaian kompetensi dan evaluasi peserta terhadap penyelenggaraan Guru Pembelajar Daring.

*Group Facebook "Guru Pembelajar GP"

5 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

  1. bagaimana cara menyelesaikan kegiatan 1.2 diskusi umum sampai ceklis pada sesi 1 ?

    BalasHapus
  2. bagaimana cara menyelesaikan blog refleksi yang ada diatas Portofolio agar terceklis

    BalasHapus
  3. sampai saat ini modul saya belum bisa terbuka, mohon petunjuknya. sys jurusan biologi sma

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama